Friday, August 13, 2010

Cara Membuat sabun Cuci Piring

Penggunaan sabun dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi, terutama sesuai dengan fungsi utamanya, yaitu sebagai pencuci. Berbagai jenis sabun ditawarkan oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mulai dari sabun cuci (krim dan bubuk), sabun mandi (padat dan cair), sabun tangan (cair), serta sabun pembersih peralatan rumah tangga (cair dan krim). Berdasarkan teori tentang surfactant Bahan digunakan dalam produk Cleansing, seperti sabun cuci piring (cair), dapat dibagi menjadi empat kategori utama: surfaktan primer, surfaktan sekunder, dan bahan pendukung lainnya, seperti, Pewarna, NaCL, EDTA, Parfum.

Alkil eter sulfat dan alkil sulfat seperti natrium / lauril sulfat amonium, Sodium sulfat amonium / laureth dan Sulfonate Linear alkil benzena adalah surfaktan utama yang digunakan dalam cairan pencuci piring. Alkil sulfat dan alkil eter sulfat memenuhi permintaan konsumen untuk busa serta pembersihan / detergency. Sabun cair biasanya menggunakan LAS dan umumnya di kombinasikan dengan alkohol eter sulfat (AES) untuk menciptakan efek kesat pada peralatan dapur yang kotor, dan perbandingan nya antara LAS : AES adalah 4 : 1, hasilnya busa lebih stabil dan mengembang,.

Untuk surfaktan sekunder dalam cairan pencuci piring, Betaines seperti betaine cocamidopropyl (CAPB), Betain alkil adalah surfaktan sekunder baik karena mereka berbusa tinggi, membantu pembentukan viskositas(kekentalan) dan memberikan dampak lembut pada tangan.

Bila digunakan bersama dengan alkanolamides CAPB meningkatkan viskositas, Untuk bahan pembantu lainnya dalam cairan pencuci piring biasanya seperti chelating agen (pelunak air), parfum, pewarna dan pengawet.

Berikut Contoh dari Formulasi sabun Cair

Bahan Baku

% w/w

H2O

Balance to 100%

Las

2%

SLES

15%

Naoh

0.50%

Cocamide

0.20%

Capb

3%

NaCL

2%

Parfum

0.20%

Pewarna

0.01%

Cara Kerja :

1. Masukan Air + NaOH + Las sampai dengan pH netral,

2. Kemudian masukkan SLES, aduk hingga larut

3. Setelah larut masukkan bahan baku berikut nya berturut - turut.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment